Cara Merawat Kulit Sensitif yang Bisa Dilakukan


Cara Merawat Kulit Sensitif yang Bisa 

Dilakukan


perawatan kulit sensitif




Anda yang mempunyai ragam kulit peka pasti memerlukan perhatian ekstra dalam perawatannya. Anda patut lebih selektif dalam memilih make-up dan mencoba produk perawatan kulit. Pasalnya, orang yang mempunyai ragam kulit peka gampang sekali mengalami problem kulit, seperti gatal, kemerahan, perih, berjerawat, maupun sensasi terbakar di kulit bila salah dalam mengaplikasikan produk tertentu. Sebagai tutorial, berikut 8 kiat perawatan kulit peka yang perlu Anda coba.


Belajar dari pengalaman
Jika pernah mengalami iritasi di masa lalu, coba cari tahu apa yang menjadi penyebab iritasi itu terjadi. Jangan pernah menyepelekan respons apapun yang terjadi pada kulit. Anda patut mengenal pemicu yang bisa saja berasal dari produk perawatan atau kosmetik tertentu maupun lingkungan.

Jangan membersihkan wajah terlalu acap kali
Sistem merawat wajah peka yang benar ialah tidak terlalu acap kali membersihkan wajah. Lakukan dua kali sehari, ialah dikala pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Membersihkan wajah terlalu acap kali bisa memperparah situasi kulit wajah peka. Jangan pula terlalu acap kali melaksanakan eksfoliasi.

Pilih produk khusus untuk kulit peka
Untuk perawatan kulit peka, sebaiknya pakai produk yang memang dikhususkan untuk kulit peka. Perlu diingat bahwa semakin banyak ragam bahan kimia yang ada di dalam suatu produk, maka semakin tinggi pula risiko timbulnya respons dari kulit. Untuk pembersih wajah, sebaiknya pakai bahan-bahan yang berasal dari bahan alami seperti aloe vera dan vitamin E.

Untuk merawat kulit peka, pilihlah pembersih wajah yang lembut agar tidak menyebabkan alergi, menimbulkan komedo, dan tidak memicu muncul jerawat atau respons kulit lainnya. Sementara untuk pelembap, carilah yang tidak mengandung pewangi dan tidak menyebabkan alergi. Anda perlu mencari tahu zat dan senyawa kimia apa saja yang berisiko menimbulkan respons pada kulit Anda sehingga Anda bisa menyeleksi produk skincare yang bagus untuk merawat kulit peka Anda.

Perhatikan kandungan yang ada pada produk kosmetik
Perawatan kulit peka yang juga patut Anda lakukan ialah memandang kandungan produk kosmetik. Jangan pakai produk yang mempunyai kandungan alkohol, sabun, maupun aroma. Dianjurkan untuk mengaplikasikan produk perawatan yang mempunyai kandungan lidah buaya atau aloe vera, camomile, dan green tea.

Hindari terlalu acap kali berganti produk
Sistem merawat kulit peka lainnya ialah dengan tidak acap kali berganti produk. Di pasaran memang banyak tersedia aneka produk perawatan kulit khusus kulit peka sehingga Anda terpengaruh untuk mencobanya. Melainkan, mengganti produk secara terus-menerus bisa merusak pertahanan kulit, bukan justru membangun perlindungan untuk kulit. Jadi, bila Anda sudah merasa pantas dengan produk khusus kulit peka tertentu, sebaiknya pakailah produk tersebut terus-menerus.

Jika ada ruam hindari terkena paparan cahaya sang surya
Jika di wajah Anda terdapat ruam atau gatal, sebisa mungkin hindari bagian ruam atau gatal itu dari paparan cahaya sang surya. Gunakan topi agar ruam dan gatal tidak bertambah parah. Perlu diketahui, dikala muncul ruam, kulit menjadi lebih gampang terkena infeksi, malah berisiko menimbulkan akibat yang serius.

Konsumsilah makanan yang mengandung Omega-3
Perawatan kulit peka lainnya ialah Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan omega-3. Kandungan ini diandalkan bisa membangun ketahanan perlindungan kulit. Makanan yang diandalkan mengandung omega-3 ialah minyak ikan dan minyak biji rami.

Jangan menyentuh wajah
Sistem memecahkan kulit peka terakhir yang patut Anda lakukan ialah jangan terlalu acap kali menyentuh wajah. Aktivitas ini berpotensi memindahkan kotoran dan kuman dari jari ke wajah. Tentunya, hal ini berisiko membuat kulit kotor dan memicu kemunculan jerawat. Jika ingin menyentuh wajah, sebaiknya pastikan tangan Anda bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik

Cara Memijat Wajah Agar Tetap Awet Muda